bachtiarpdicki

This WordPress.com site is the bee's knees

Kepanitiaan Seminar Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah

Spanduk Seminar

Gambar 1. Spanduk Acara Seminar (Credit and thanks to: Ikhwan Yuda K., Koor. Publikasi dan Dokumentasi)

Acara Seminar Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah ini terbentuk dari kombinasi inisiasi Divisi Internal Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Farmasi (HMPF) dan hasil musyawarah rapat/ diskusi terbuka dengan seluruh atau perwakilan seluruh Kelompok Keilmuan (KK) pascasarjana Farmasi ITB. Seminar ini bertujuan untuk membantu teman-teman mahasiswa pascasarjana yang berencana, sedang ataupun sudah mengerjakan penelitian/ research-nya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan praktis/ terapan serta motivasi berkaitan dengan penulisan hasil penelitian masing-masing peserta dan pemaparan serta gambaran lebih nyata mengenai kiat-kiat atau upaya dalam men-submit atau publikasi hasil tulisan penelitian ke jurnal nasional ataupun jurnal internasional.

Kegiatan seminar ini dilaksanakan dan dikoordinasi oleh para pengurus HMPF. Dimana, HMPF baru tahun ini (2016) diaktifkan kembali setelah beberapa tahun/ periode di non-aktifkan oleh pihak Sekolah Farmasi (SF) ITB. Dengan kata lain, pengurus-pengurusnya baru ditentukan periode ini dengan ketua Himpunan HMPF terpilih, yaitu: Purnawan P. Pengaktifan kembali organisasi ini diharapkan dapat menyelenggarakan program-program kerja yang sinergis ataupun menunjang terhadap mahasiswa pascasarjana Farmasi ITB dan dapat bermanfaat/ berkontribusi baik bagi pihak internal SF maupun terhadap masyarakat secara umum/ secara ilmiah.

Ah, tapi saya kagum dengan teman-teman pengurus HMPF dalam kepanitiaan acara seminar ini. Persiapan acara seminar, yang dimulai dari pengambilan keputusan atas hasil sebelumnya, inisiasi pemilihan rencana kegiatan yang sudah mempertimbangkan hasil musyawarah rapat/ diskusi terbuka dengan perwakilan seluruh kelompok keilmuan (KK) pascasarjana Farmasi ITB (Biologi Bahan Alam; Farmasi Klinik – Farmakologi dan Toksikologi Klinik; Farmasetika – Bioteknologi; Farmakokimia; Farmasi Industri dan Keolahragaan), hingga acaranya terlaksana pada hari H berlangsung kurang lebih 1 bulan 1 minggu, waktunya relatif cukup singkat (inisiasi rencana acara → pertengahan bulan April 2016; acara terlaksana → 21 Mei 2016).

Tapi, untungnya teman-teman di kepanitiaan menurut saya luar biasa kerjasamanya (termasuk via online berupa komunikasi chatting/ grup whatsapp), masing-masing berusaha untuk inisiatif dan inovatif dalam hal mengambil keputusan untuk job desk-nya masing-masing, secara mereka memang insya Allah pinter-pinter pada dasarnya hhe.. (mudah-mudahan nular ke saya  :D). Seluruh teman kepanitiaan rela membagi waktu untuk membantu kelancaran acara ini sesuai job description masing-masing divisi/ sie.-nya, meskipun dalam suasana akan menghadapi/ sedang ujian akhir semester (UAS), perkuliahannya yang intens ataupun sedang melakukan penelitian (sebagian panitia semester atas). Mudah-mudahan tidak mengganggu dan dapat tetap memprioritaskan ujian dan perkuliahannya teman-teman panitia selama kepanitiaan acara seminar ini dilaksanakan.

Acara seminar ini dilaksanakan dengan target peserta 80 mahasiswa pascasarjana Farmasi, acara berlangsung dari pukul 08.00-12.00 (bahkan sampai pukul 12.30 pada hari H), bertempat di gedung Achmad Bakrie, ruang Edukatorium Lt. 4, Labtek VII Sekolah Farmasi ITB.

Sesi I : How to Write a Scientific Paper (Prof. Dr. Satria Bijaksana)

Sesi II : How to Publish the Paper into International Pharmaceutical Journals (Dr. Heni Rachmawati, M.Si., Apt.)

Oh iya, setelah melewati kebersamaan kepanitiaan acara kemarin, jadi ingin mengutip quote ini, hhe.. :

“Hidup memang tidak bisa terlepas dari berbagai tekanan, namun semua kesulitan merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk bisa mengatasinya. Tekanan-tekanan itu sesungguhnya dapat dilihat sebagai stimulus atau dorongan yang membentuk watak, karakter dan sekaligus menentukan bagaimana seseorang bersikap terhadap sebuah kejadian.” (Agung Fatwa)

At least, thank you all for your sharing, teamworking, togetherness, and another positive things. Hopefully, this seminar have many benefits and blessings for the organizers and the participants :D.

IMG_3038

Gambar 2. Foto Dokumentasi (Sebagian) Peserta

IMG_3073

Gambar 3. Foto Dokumentasi Sebagian Panitia [Atas: Santi S., D. Putri P., Iwa I. H., Anggi G., Diki “kiddo”; Tengah: Cintya N. A., Putriana R., Susanti, Juniza S., Mutiara I., Widya D. A.; Bawah: Purnawan P., Tegar A.; Ikhwan Yuda K. (saya ikut sertakan juga meskipun berhalangan hadir karena bentrok dengan acara lain) dan Lina R. yang mudik keluar kota hha..]

Advertisements

Comments are closed.