bachtiarpdicki

This WordPress.com site is the bee's knees


Leave a comment

Mabit: The Great Power of Ramadlan (Masjid An-Nuur, Biofarma)

20150523_060713 (2)

Assalamu’alaikum.. gimana kabarnya guys? Hehe.. Semoga pada sehat-sehat saja, semangat dalam setiap aktivitasnya & selalu dalam lindungan Allah swt. Amiinn .

Mau coba share pengalaman Mabit (malam bina iman dan takwa) di Masjid An-Nuur Biofarma (yang menurut penuturan pembina DKM An-Nuur, yang merupakan karyawan senior juga di Biofarma, biasanya acara mabit ini diselenggarakan setiap 3 atau 4 bulan sekali tiap tahunnya. Kebetulan acara tersebut berlangsung dari jumat malam sampai sabtu pagi pukul 19.00 – 06.00 (tgl. 22 – 23 Mei 2015).

Karena saya menyadari masih berlumuran dosa dan belumlah jadi pribadi yang baik, tapi bukankah dakwah walaupun hanya 1 ayat sudah jadi tugas setiap muslim? Semoga bermanfaat hhe.. 😀

Momennya pas banget, karena mungkin dengan mengikuti acara mabit ini bisa mendekatkan diri kepada Allah swt. (taqarrub) dan ternyata salah satu narasumber-pun menceritakan bahwa dengan mengikuti kajian seperti ini merupakan upaya tazkiyatun nafs (mensucikan jiwa) . Dan juga, menjalin silaturahmi dengan para jamaah mabit (dimana acara ini diikuti mulai dari anak-anak kecil (mungkin diajak bapaknya kali ya hehe..), pemuda-pemuda, bapak-bapak sampai kakek-kakek juga banyak :D, itu kalau dipihak laki-laki/ ikhwan entah kalau dipihak perempuan yah sepertinya tidak jauh beda variatif umurnya hhe..). Eits, dan yang paling keren (kata salah satu narasumbernya juga) itu acara Itikafnya.. dimana kita tidur terlebih dahulu sekitar 2.5 – 3 jam, kemudian saling membangunkan antara jamaah. Daan, imam shalat qiyamullailnya dong ustadz Maulana Yusuf Alhafidz (mantunya Aa Gym), yang sebelumnya diberi tahu oleh ustadz Fatih Karim, bahwa andai saja saya tidak ada acara kajian di tempat lain besok pagi di Medan (atau Jakarta ya? Lupa hhe..) mungkin saya akan menyempatkan shalat qiyamullail bareng kalian.. merinding, dan jangan heran kalau ada yang nangis-nangis dan mungkin bisa ada yang terjatuh kalau orang-orang ini faham artinya (nah lho, segitunya pak ustadz.. dulu pernah yah qiyamullail bareng ya?).

20150522_205530

Baiklah, saya akan coba share pengalaman pemberian tausiyah dari ustadz M. Fatih Karim ya, karena kebetulan saya cuman catat materi dari beliau padahal materi dari Ust. Rahmat Baiquny & Ust. Yusuf Bilali Alhafidz sebenarnya materinya bagus sekali juga, sayang. Maaf hhe.. Oh iya, ustadz Fatih Karim ini dulu pernah kuliah di Bandung juga ternyata di Unpad Jatinangor (D3) kemudian dilanjut di IPB S1-nya (kira-kira jurusan yang dia ambil apa ya? Mungkin Teknologi Pangan/ Teknologi Pertanian kali ya soalnya dilanjutin ke IPB, maaf kalau salah hhe..). Ini paparan materinya yah :

  •  Keutamaan Bulan Ramadhan:
    1. Malam lailatul qadar
    2. Amalan sunnah diganjar pahala wajib
    3. Amalan wajib diganjar 70 kali lipat
    4. Dibukakan pintu surga
    5. Bulan diturunkannya Al – Qur’an
    6. Bulan pengampunan (Amiinn, karena kami makhluk yang berlumur dosa )
    7. Bulan berlimpah rizki (iya dong, suasana di bulan puasa ramai sekali, contoh kecilnya para pedagang jadi laris manis baik di bidang pangan maupun sandang hhe..)
    Intinya, bulan Ramadhan ini luar biasa hehe..
  • Kami diberi tahu, bahwa di Jawa Barat ini sudah diidentifikasi terdapat 389 aliran sesat guys.. (lupa, apakah informasi ini didapat dari MUI Jawa Barat/ Bandung khususnya mungkin ya.) Ngeri kan apalagi dijumlah dengan yang belum teridentifikasi, mudah-mudahan kita berada di jalan yang lurus yang diridhai oleh Allah swt.
  • Iman itu konsekuensinya mengikuti perintah Allah. (Udah gitu aja hha, di catetnya gitu doang soalnya guys :D.. seinget saya karena iman itu tahapan awal dimana kita meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. merupakan Pencipta kita & Rasulullah saw. utusan-Nya sehingga kita mengikuti segala perintah-Nya melalui Rasulullah saw. hingga kita mudah-mudahan sampai pada tahapan orang yang bertakwa. Amin.)
  • Dan, selama 13 tahun pertama dakwah di Mekkah apa yang diajarkan Rasulullah saw.? Ternyata, iman terlebih dahulu.. . Dan juga, pak ustadz Fatih Karim juga menyarankan kepada kita agar membenahi dan meluruskan iman kita, pahami hukum seputar Ramadhan, hadirkan rindu bulan Ramadhan,.. dan.. (lupa catet lagi hhe..)
  • Oh iya guys, tahukah ternyata keharaman riba dan makan daging babi sama dalam 1 dalil?
  • Ternyata, ustadz Felix Siauw masuk islam setelah berdiskusi panjang, berdebat dan tanya jawab seputar Islam selama berjam-jam mulai dari malam hari sampai dini hari (kalau tidak salah).. dan ustadz Felix Siauw merasa yakin dengan Islam (kemudian bersujud menurut paparan beliau) dan bersyahadat setelah dipaparkan oleh ayat Al-Baqarah 1-5, khususnya ayat yang ke-2: dzaalikal kitaabu laa royba fiih..

Artinya: Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya…

Secara, ayat ini merupakan ayat awal di dalam Al-Qur’an. Dan dengan tegas seolah menyombongkan diri bahwa.. tidak ada keraguan padanya.. (sedikitpun..?secuilpun..? Subhanallah..). Bayangkan dengan buku-buku, skripsi, tesis, ataupun referensi-referensi ilmiah lainnya.. pasti diawal penuturannya.. mohon maaf apabila masih ada kekurangan dalam penulisan, isi dll.. atau mohon masukan dan kritikannya.. Lalu, dengan “kesombongan” Al – Qur’an inilah.. ustadz Felix Siauw menyatakan dirinya masuk Islam, subhanallah.. (mohon maaf bila salah dalam penyampaiannya yah guys, *buru-buru istigfar takut salah penyampaian* hhe..)

Mungkin hanya segitu kali yah, sharing hasil mabit bersama teman-teman di masjid An-Nuur 😀 hhe.. Terima kasih, wassalamu’alaikum wr.wb..