bachtiarpdicki

This WordPress.com site is the bee's knees

Peringatan Tahun Baru Hijriah 1434 H :)

Leave a comment

Sekedar mau review + sharing 🙂 kegiatan peringatan tahun baru hijriah 1434 H ini di Masjid Al – Muhajirin (komplek Bukit Cipageran Indah, Jln. H. Gofur, Cimahi) pada tanggal 8 Desember 2012 (atau tanggal 25 Muharram 1434 H).

Yang menarik dari peringatan ini adalah acaranya berupa tausiyah oleh Bapak Dr. Aam Amirudin, salah satu ustadz terkenal di kota Bandung yang juga biasa memberikan ceramahnya di saluran televisi SCTV pada dini hari dalam acara Titian Qalbu (rada-rada lupa jg nama acaranya, maaf2 klo salah :P) serta saluran-saluran tv lainnya. Pak Aam ini jg sudah mengeluarkan banyak buku keagamaan, masalah kehidupan sehari-hari dan motivasi. Seingat saya, pembawa acaranya menyampaikan bahwa buku terakhir yang beliau keluarkan berisi tentang Tafsir Al – Qur’an Kontemporer jilid 3 dan juga beliau ini seorang dosen S2 di Universitas Padjajaran— Bandung.

Pak Aam ini mestinya mulai tausyiah pada pukul 19.30, akan tetapi beliau baru sampai di komplek Bukit Cipageran Indah pada pukul 20.30 :P. Hal ini dikarenakan beliau mendapat “musibah kecil” atau bisa dikatakan juga kejadian lucu hheh.. yaitu, mobilnya selama +/- 1 jam tidak dapat keluar dari parkirnya karena terhalang oleh 1 mobil di belakangnya (berlokasi di Bandung tempat beliau tausiyah), yang beliau sampaikan bahwa orang-orang di sekitar tidak mengetahui siapa mobil yang telah parkir tersebut sampai pencarian selama 1 jam baru ditemukan hhahh..

Setelah sampai, pak Aam ini ternyata langsung dikerubungi sebagian jamaah Al – Muhajirin hanya sekedar berjabat tangan dan menyapa :). Daan, subhanallah jujur saja yah itu giginya putih cemerlang meskipun memang wajahnya juga tidak kalah cerah pada pukul setengah 9 malam ini ^^a. Rupanya selidik punya selidik, beliau menceritakan bahwa pak Aam ini selalu mengikuti sunnah rasul menggosok gigi sebelum shalat 5 waktu… kereenlah, Pak mantep.. pantesan segeer hheh…

Langsung saja ke poin-poin taushiyah pak Aam yah :D..

Beliau mengatakan bahwa semestinya seluruh muslim itu harus menanamkan 3 poin dalam meningkatkan karakternya di jaman ini, yaitu :

  1. Berpikir Futuristik (berpikir jauh ke depan, memiliki visi dan misi yang baik bagi masa depan diri dan sekitar)
  2. Dinamis (Kita harus terus bergerak, bahkan pak Aam mengumpamakan bahwa mestinya seorang istripun apabila mendapati suaminya pulang kerja langsung menawarkan membuka sepatunyalah, memberikan minumanlah, selalu tersenyum cerahlah, ini… itulah hhehh.. dan katanya melanjutkan perumpamaannya, jangan sampai si suami pulang kerja terus mendapatkan istrinya cemberut (karena telah menonton adegan antagonis dalam suatu sinetron :P), dan hanya selalu berpakaian daster berwarna kuning dengan gambar strawberry saja selama satu minggu. Hahah… itu mngkin contoh lucu yang beliau paparkan, tentang pentingnya dinamis disini… mesti selalu ada pergerakan ke arah yang baik.
  3. Continual Improvement (Perbaikan terus menerus)

Dan juga beliau menjelaskan bahwa kematian itu terbagi menjadi 3 misteri. Yaitu :

  1. Misteri tempat (Bisa saja, kematian kita tidak di kota Tasikmalaya ataupun kota Cimahi, tetapi malah di kota Makkah :))
  2. Misteri Waktu (Ini jelas sekali, benar-benar hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui)
  3. Misteri Cara

Mungkin, beliau menginginkan kita untuk selalu waspada dalam menjalani kehidupan sehari-hari agar tidak mendapati kematian kita dalam kondisi yang merugi (belum shalat wajib, dll.).

Dan juga, beliau mengingatkan kepada kita ketika akan menjalankan shalat Tahajud, sebaiknya kita melaksanakan sunnah Rasul SAW yang kemungkinan kita lupakan, yaitu setelah berwudhu kemudian keluar rumah, melihat bintang-bintang sambil membaca Al – Imran 190-195 katanya. (Klo yang ini baru tahu saya hhhah…)

Terimakasih, cukup sekian review dan sharingnya. Wassalamu’ailaikum wr. wb.. ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s